Sabtu, 17 Juli 2010

PARTIKEL ANTI MATERI

PARTIKEL ANTI MATERI
SAFRIYATI (MTsN GRONG-GRONG)

Besarnya keingintahuan manusia membuat dinamika dan perkembangan ilmu pengetahuan telah banyak mengungkapkan banyak misteri alam semesta. Manfaat dari perkembangan ilmu itu sendiri pun telah membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan. Meskipun terungkapnya sebuah misteri itu kadang hanya diawali dengan teori, dimana teori itu sendiri terkadang kurang mendapat tanggapan saat disampaikan.

Salah satu misteri alam semesta yang keberadaannya pertama kali diusulkan oleh Paul Dirac tahun 1928 adalah adanya partikel anti materi. Partikel seperti proton, elektron, neutron, dan yang lainnya ternyata memiliki partikel anti materi. Anti materi itu sendiri merupakan partikel yang memiliki muatan berlawanan dengan partikel pasangannya. Setiap partikel memiliki partikel anti materi. Sebagai contoh positron adalah anti materi dari elektron, jadi bisa disebut positron adalah elektron yang bermuatan positif. Anti proton adalah anti materi proton, jadi anti proton bisa disebut proton yang bermuatan negatif. Anti proton ini tercipta di antariksa dan membombardir Bumi dalam bentuk sinar kosmik yang bergerak dengan kecepatan yang mendekati dengan kecepatan cahaya. Yang unik adalah sifat dari partikel anti materi ini,dimana partikel anti materi langsung hilang saat kontak dengan materinya menjadi energi dalam bentuk sinar gamma. Observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keberadaan partikel anti materi di jagad raya ini sedikit sekali, hampir semua berupa materi, sementara bila dianggap pada masa awal terciptanya awal semesta ini jumlah materi sama dengan jumlah anti materi, maka pertanyaannya adalah kemana partikel anti materi ini?

Secara eksperimen dapat ditunjukkan bahwa partikel anti materi tidak stabil, segera meluruh setelah tercipta. Meski demikian eksplorasi terus dilakukan tidak hanya dilakukan di laboratorium, tapi hingga ke antariksa. Dana yang dikeluarkan pun tidak dapat dikatakan sedikit, tetapi sampai saat ini tetap berlanjut untuk mempelajari lebih jauh tentang anti materi. Selain itu juga ini berguna untuk mempelajari alam semesta, termasuk untuk menguji kebenaran teori Big-Bang tentang asal-usul lahirnya alam semesta ini. Penelitian anti materi ini juga bukanlah hal yang mubazir. Saat ini hasilnya sudah bisa dinikmati manfaatnya dalam dunia kedokteran, khususnya dalam hal pencitraan medis. Sudah tentu dalam bidang partikel, hasil penelitian anti materi ini sangat besar manfaatnya.

Lalu bila ada partikel anti materi untuk setiap materi atau partikel, muncul pertanyaan apakah ada anti atom yang tersusun dari anti proton dan anti neutron?kenyataan menunjukkan belum ditemukan anti atom dialam semesta. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa anti materi segera meluruh, maka anti proton dan anti neutron meluruh sebelum bergabung untuk membentuk inti nukeus.

Pertanyaan selanjutnya apak mungkin membuat anti atom? Menurut Declan Keane, fisikawan di Kent State University di Ohio, diperlukan dua kondisi untuk membuat anti atom : pertama, dibutuhkan energi yang sangat tinggi untuk menghasilkan anti materi, dan kedua, dibutuhkan “benda-benda” disekitar untuk memberikan kesempatan partikel anti materi bertemu anti materi lain untuk membentuk anti atom sebelum partikel anti materi itu hilang. Tim eksperimen pada Low Energy Antiproton Ring (LEAR) di CERN pada tahun 1995 telah mampu membuat anti atom Hidrogen, dan tahun 2002 mampu memproduksi ribuan anti atom Hidrogen. Hanya saja kata “ribuan” masih merupakan jumlah yang sangat kecil. Sebab untuk mengisi satu balon mainan saja dengan anti atom Hidrogen, dibutuhkan waktu hingga milyaran tahun untuk memproduksi anti atom tersebut.

Energi yang terkandung dalam anti atom kelihatannya memang fantastis, satu gram anti materi mengandung energi yang setara dengan 20 kiloton TNT, energi yang luar biasa dahsyat, tapi sekali lagi, dengan teknologi yang ada sekarang dubutuhkan waktu selama 2 milyar tahun untuk memproduksi satu gram anti atom Hidrogen. Rentang waktu yang bisa dikatakan tidak mungkin untuk dilakukan. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan. Akan tetapi lain ceritanya bila para ilmuwan mampu menciptakan teknologi jauh lebih canggih dan efisien.

1 komentar:

  1. Waduh Keren banget ulasannya sebentar lagi manusia pasti akan memasuki babak baru era anmet anti matter karena dari pesawat ufo terdapat mesin anti material ini

    BalasHapus